Mana Yang Lebih Baik, SEO Atau AdWords?

Mana Yang Lebih Baik, SEO Atau AdWords

Terjadi perdebatan berkelanjutan tentang saluran pemasaran mana yang lebih baik untuk mengarahkan lalu lintas dan nilai bagi bisnis Anda – SEO atau Adwords.

Jawabannya sangat bervariasi dan tergantung pada sifat bisnis Anda. Sebelum yang lain, mari kita definisikan SEO dan Adwords sebelumnya sehingga mendapatkan ide yang lebih baik yang akan berfungsi lebih baik untuk pemasaran.

Perbedaan Antara SEO dan AdWords

SEO menggunakan teknik tertentu yang dimaksudkan untuk mengubah algoritma Google sehingga situs web seseorang akan memiliki peringkat yang bagus di mesin telusur. Teknik-teknik ini termasuk menggunakan kata kunci yang relevan, menghubungkan konten ke situs web otoritas atau situs web terkait lainnya dan menggunakan deskripsi meta.

Adwords menggunakan iklan berbayar dimana pemilik situs web akan membayar mesin pencari seperti Google untuk menempatkan situs web mereka di bagian atas hasil pencarian. Adwords menggunakan jenis sistem bayar per-klik yang mana Anda harus membayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda.

Perbandingan Berdasarkan Karakteristik

1. Harga

Pertama-tama, mari kita bicara tentang harga. SEO mungkin awalnya gratis karena Anda tidak perlu membayar untuk program apa pun untuk membantu dengan teknik SEO. Anda hanya harus tahu teknik SEO terbaik untuk situs web Anda dan menerapkannya. Namun, segera setelah bisnis Anda berkembang, persaingan bersama dengan banyak tantangan mungkin terbukti membutuhkan lebih banyak waktu daripada yang semula diperlukan. Anda mungkin harus memilih layanan SEO profesional untuk lebih meningkatkan halaman sehingga Anda dapat tetap relevan.

Adapun Google Adwords memiliki jenis skema bayar per klik. Dengan skema ini, Anda akan memiliki anggaran tertentu di mana Anda akan membayar setiap kali seseorang mengklik iklan Anda. Dengan skema pembayaran ini, semakin banyak orang yang bisa Anda dapatkan, semakin banyak Anda harus membayar. Meskipun mungkin terlihat sedikit mahal bagi sebagian orang pada awalnya, sebenarnya tidak jika Anda membandingkannya dengan mencetak iklan dan iklan majalah.

2. Jumlah Pemirsa

Ketika melihat ROI, Anda harus melihat kemungkinan jumlah pemirsa atau arahan yang dapat diberikan oleh masing-masing metode. Keduanya dapat memberi jumlah pemirsa atau prospek yang lumayan. Namun, jika kami berbicara tentang jangka waktu tertentu, AdWords dapat memperoleh lebih banyak pemirsa atau prospek dalam waktu singkat. Namun, jika kita melihat dalam jangka panjang, Anda akan melihat bahwa orang-orang akan berbondong-bondong lebih ke arah hasil organik karena ini adalah apa yang mereka cari pula.

Ringkasnya, Adwords akan langsung memberi Anda prospek atau pemirsa, tetapi tidak se-berkelanjutan seperti halnya SEO karena SEO dapat memberi Anda lebih banyak pemirsa selama periode waktu yang terakumulasi.

3. Kecepatan

Untuk kecepatan, pasti Adwords akan menjadi pilihan yang lebih baik. Tidak seperti SEO, yang membutuhkan waktu bagi orang untuk melihat situs web Anda melalui hasil penelusuran organik. Namun, untuk AdWords, Anda bisa mendapatkan prospek hampir segera karena Adwords dapat menargetkan demografi yang Anda pilih.

SEO sekalipun, tidak menargetkan demografi. Apa yang bisa dilakukan oleh SEO adalah memastikan bahwa situs web Anda relevan dan target pasar yang Anda inginkan akan menemukannya.

Yang Mana Yang Lebih Baik untuk Anda?

Sekarang Anda tahu manfaatnya masing-masing, mana yang lebih baik untuk Anda? Nah, jika Anda ingin dengan cepat, AdWords adalah yang terbaik untuk Anda.

Namun, jika Anda ingin bisnis Anda memiliki pertumbuhan yang stabil, maka Anda harus menginvestasikan upaya dalam menggunakan teknik SEO.

Memiliki kedua upaya pemasaran mungkin terbukti bermanfaat selama Anda menetapkan terus mengukur keberhasilan setiap upaya pemasaran.