Hal-hal Yang Perlu Anda Pelajari Dari Kompetitor

Jika saat ini Anda berkecimpung dalam dunia SEO, maka salah satu hal terpenting yang Anda lakukan adalah mempelajari strategi kompetitor. Bahkan sangat dianjurkan untuk mempelajari bagaimana cara kompetitor Anda mengoptimalkan SEO pada situsnya.

SEO merupakan dunia yang sangat luas dan menjadi hal yang sangat penting khususnya bagi mereka yang memiliki bisnis online.

Dengan menggunakan SEO, Anda dapat mengoptimalkan sebuah kata kunci, dimana persaingan untuk ini sendiri sangat ketat.

Di SEO, kita harus memahami bahwa algoritman dari mesin pencari seperti halnya Google selalu berubah. Kita harus mengikuti perkembangan dan membaca banyak referensi terbaru mengenai perkembangan dari mesin pencari seperti Google. Selain Google, tentu masih ada banyak mesin pencari lain, tetapi sebaiknya menurut kami fokus di Google karena hingga saat ini, Google masih menjadi mesin pencari nomor satu di dunia.

Kembali mengenai persaingan di SEO, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menganalisa kompetitor Anda dalam urusan SEO.

Pertama, cari siapa pesaing Anda

Bagaimana mungkin bisa mempelajari strategi pesaing atau kompetitor jika Anda belum mengetahui siapa pesaing Anda dalam dunia SEO.

Langkah pertama yang memang harus dilakukan, Anda harus melakukan riset untuk mencari tau siap saja kompetitor yang ada untuk urusan SEO ini.

Untuk riset sendiri, cobalah untuk mencari informasi di Google sesuai dengan bidang yang ingin Anda lakoni. Catat situs teratas apa saja yang ada disana dan pelajari.

Kunjungi situs kompetitor

Setelah melihat daftar kompetitor yang ada di Google, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi satu persatu pesaing tersebut.

Coba kunjungi situs kompetitor Anda dan lihat aapa saja yang ada dalam situsnya. Mulai dari tata letak, kecepatan load, konten dan hal lain perlu diperhatikan dan dipelajari.

Analisa keyword yang digunakan pesaing

Setelah mengetahui siapa saja kompetitor dan telah mengunjungi situs kompetitor, langkah selanjutnya adalah menganalisa keyword apa saja yang digunakan oleh kompetitor Anda.

Jika sudah mendapatkan keyword apa saja yang digunakan, maka selanjutnya adalah menggunakan tools seperti Ubersuggest untuk melihat seberapa besar persaingan untuk kata kunci yang didapat tersebut.

Lihat penggunaan sosial media kompetitor Anda

Hal lain yang tidak kalah penting untuk saat ini adalah juga mengecek persaingan dalam sosial media.

Coba buka layanan sosial media yang dimiliki oleh pesaing Anda, dan apakah ini aktif atau tidak, berapa jumlah like dan sejenisnya. Sosial media saat ini menjadi sangat penting, dan ini jangan sampai terlewati saat melakukan riset untuk kompetitor Anda.

Dengan mempelajari dan menerapkan strategi yang tepat, Anda bisa mengalahkan para kompetitor. Itulah pentingnya mempelajari strategi kompetitor, karena bagaimana pun – kompetitor adalah partner secara tidak langsung.