Apa Itu Clickbait dan Contoh Penggunaannya

Apa Itu Clickbait dan Contoh Penggunaannya

Apa Itu Clickbait dan Contoh PenggunaannyaClickbait adalah sebuah judul dari gambar, video, artikel atau kontenlainnya yang memiliki ciri – ciri tertentu. Adapun ciri – cirri tersebut adalah persuasif, bias merujuk kearah provikatif, tidak bias ditebak, eye catching, serta menarik. Misalnya saja, jika sebuah judul umum berbunyi: “Review Lagu Asal Kau Bahagia”, maka judul clickbaitnya akan berbunyi: “Orang Korea Mau Kejang Mendengar Lagu Indonesia Asal Kau Bahagia”. Dengan kedua judul di atas, jelas para netizen akan membuka judul yang kedua meskipun konten kedua situs sama.

Fenomena clickbait telah banyak beredar di sosial media. Banyak netizen yang pada akhirnya mengklik judul unik tersebut karena tertarik. Bahkan sebagian dari netizen juga mengklik share sehingga tentu dapat menguntungkan pengelola blog. Namun, akibat maraknya blogger yang memanfaatkan clickbait secara tidak sehat, akhirnya pembaca menjadi kecewa karena isi dari situs yang diklik tidak memberikan informasi se – “wah” yang diharapkan.

Sebenarnya, clickbait memberikan keuntungan dan kerugian yang sangat variatif tergantung pemanfaatannya. Keuntungan yang diberikan contohnya dapat memaksimalkan jumlah viewer dari berbagai kalangan. Jika konten menarik dan up to date tidak jarang situs akan menjadi semakin terpercaya dan di share banyak orang. Secara otomatis, kepopuleran dan keuntungan financial bias didapatkan bersamaan. Tidak menutup kemungkinan website atau blog tersebut akan dihubungi oleh pemilikproduk ataujasa yang ingin memasang advertisement. Selain menambah lagi keuntungan, adanya iklan di website atau blog akan semakin meningkatkan prestige halaman tersebut.

Jika dilihat dari sisi negatifnya, clickbait juga bias memberikan kerugian. Meskipun diklik berkali – kali, tetapi jika viewers hanya melihat sebentar halaman tersebut karena kontennya yang mengecewakan maka kualitas indeks blog di search engine bias berkurang. Jika pengelola memanfaatkan sosial media seperti Facebook, maka jumlah netizen yang kecewaakan mempengaruhi jumlah unlike. Selain itu, kerugian secara finansial juga akan bertambah karena peristiwa invalid click. Hal ini terjadi saat suatu halaman bekerjasama dengan sponsor tertentu, lalu pembacanya mengklik sponsor tetapi segera menutupnya.

Jadi, penggunaan clickbait yang baik adalah dengan menyesuaikan judul dan konten. Usahakan buat konten semenarik mungkin seperti dilengkapi video dan gambar yang relevan. Hal ini akan membuat pengunjung  semakin betah membaca halaman dan mungkin tertarik untuk mengklik judul – judul lainnya. Jangan hanya memanfaatkan sosial media sebagai sumber traffic, tetapi juga berbagai macam search engine seperti Google, Bing atau Yahoo.